PPDB 2020 bakal Libatkan Disdukcapil

PPDB 2020 bakal Libatkan Disdukcapil

PPDB 2020 bakal Libatkan Disdukcapil

Men­ghindari kekisruhan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Bogor, Dinas Pendidikan

(Disdik) Kota Bogor bakal menggan­deng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dis­dukcapil) Kota Bogor pada PPDB 2020. Disdukcapil bakal terlibat dalam menen­tukan domisili siswa dalam pelaksanaan PPDB.

Kepala Sub Perencanaan dan Pelaporan pada Disdik Kota Bogor, Jajang Koswara, mengatakan, konsep terse­but mulai dirancang sejak saat ini, baik Disdik maupun Disdukcapil Kota Bogor. Sehingga pada PPDB 2020 tidak ada lagi calon siswa baru yang mencuri-curi domisili agar lolos sesuai zonasi.

“Karena nanti yang menen­tukan domisili siswa itu dari disdukcapil langsung,” te­rangnya.

Menindaklanjuti kerja sama tersebut, dua dinas ini akan menandatan­gani MoU pada 9 Oktober 2019. Isinya mengenai rancangan dan kerja sama yang terapli­kasi antara disdik dan disduk­capil termasuk MoU dengan Dinas Sosial dan kepala ke­lurahan.

“Makanya kalau ada yang akan pindah domisili harus disegerakan saat ini. Kalau lewat dari Januari 2020, mu­tasi kependudukan bagi calon siswa tidak bisa lagi,” ungkap­nya.

Ke depan, sambung dia, sistem yang dibangun kedua dinas ini akan terintegrasi secara digital dengan Disdik Kota Bogor.

Untuk mengak­ses informasi tentang siswa, petugas cukup mengklik NIK dan nanti akan muncul data tentang siswa tersebut. Termasuk data dan infor­masi tentang orang tua.

“Selain itu, kami juga ingin menetapkan titik koordinat lokasi domisili siswa dengan zonasi dan letak sekolah ter­dekat. Data dan info ini harus sinkron antara sistem jaring­an yang teraplikasi dan ter­integritas dengan data kepen­dudukan yang real. Sehingga pada PPDB nanti tak ada lagi masyarakat yang mengakali dan mencuri sistem yang su­dah kita bangun,” pungkas Jajang.

 

Baca Juga :