Penyebab Motor Mio Berbunyi Berderik

Penyebab Motor Mio Berbunyi Berderik

Penyebab Motor Mio Berbunyi Berderik

Akhir-akhir ini sering kita jumpai motor merk yamaha mio

di jalanan yang berbunyi berdecit-decit mirip tikus saat dikendarai di jalanan. Biasanya motor-motor yang mengeluarkan bunyi tersebut sudah menempuh jarak sekitar 14000 hingga 21000 km. Hal ini tentu cukup menggangu bagi si pengendara maupun pengendara lain karna bunyi gesekan yang dihasilkan.

Bunyi ini sebenarnya berasal dari V Belt

atau juga diinamakan van belt pada motor mio. Bunyi yang cukup mengganggu ini bersumber dari belakang motor tepatnya pada roda bagian belakang atau pada sistim transmisi otomatisnya atau yang biasa disebut CVT pada sepeda motor yamaha mio. Adapun cara mengatasinya tidaklah sulit yaitu jika kotor kita bisa meminta mekanik bengkel untuk mencoba membersihkannya dan memoleskan oli bekas atau gomok pada bagian beltnya. Jadi penyebab bunyi berdecit ini adalah kurangnya cairan pelicin pada belt tersebut.

Apabila bunyi tersebut terlalu lama dibiarkan

belt bisa aus dan kita harus segera mnggantinya. Biasanya harga pasaran belt sepeda motor yamaha mio ini adalah kisaran Rp 55.000 hingga Rp. 75.000 per satuan.

Jadi sekarang kita mengetahui darimana sumber suara tersebut yaitu dari sistem transmisi otomatis (CVT) motor mio. Tepatnya berada pada rumah kopling ganda (double). Jadi bagaimana bisa dan apakah sebabnya. Menurut beberapa ahli dalam bidang ini hal tersebut bisa terjadi dikarenakan CVT motor mio ini sering digunakan untuk membawa beban yang berat atau karena terlalu dipaksakan yang berakibat terjadinnya panas yang terlalu berlebihan di dalam CVT tersebut dan ini berimbas pada kampas kopling menjadi terbakar atau gosong.

Adapun cara untuk mengatasi hal ini

tanpa harus ke bengkel adalah dengan cara melepaskan rumah ganda dan setelah itu membersihkan pada sisi dalam bisa menggunakan amplas dan siapkan juga lem besi seperti merek dextone yang biasanya berharga 6000 dan bisa didapatkan di bengkel maupun toko alat bangunan.

Apabila peralatan yang dibutuhkan sudah ada kita bisa mengambil rumah ganda tersebut dan kita perhatikan pada sekeliling rumah ganda, disanalah kita gunakan lem besi dextone ini. Lem besi tersebut telah tercampur dengan dengan epoxy dan hardener. Kita aduk hingga rata dan memoleskannya pada sekeliling rumah ganda hingga merata dan tertutupi semuanya. Kita juga harus memperhatikan takaran pada sisi-sisinya, jangan terlalu padat atau tebal dan dilakukan secara cepat karena sifat lem tersebut cepat kering sekitar lima menitan.

Setelah itu tunggulah beberapa saat kira-kira 20 menit sampai lem besi sudah dirasa kering dan lalu baru bisa kita pasangkan lagi rumah gandanya ke tempat asalnya.


Baca Artikel Lainnya: