Hubungan Informasi Dan Bahasa

Hubungan Informasi Dan Bahasa

Hubungan Informasi Dan Bahasa

Bahasa dan Informasi merupakan dua sisi mata uang yang berbeda, tetapi hubungan kedua hal tersebut  tidak dapat dipisahkan, karena Bahasa merupakan cermin Budaya dan identitas diri penuturnya. Hal ini berarti, apakah Bahasa dapat mempengaruhi Informasi masyarakat atau sebaliknya?, sehingga Bahasa dapat menentukan kemajuan dan “mematikan”  Informasi bangsa?

Bahasa dan Informasi adalah 2 hal yang saling terkait. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya fenomena atau realita yang menunjukan adannya hubungan antara bahasa dan informasi. Hubungan tersebut bisa berupa transformasi, saling mempengaruhi, dan lain sebagainya. Menurut Koentjaraningrat sebagaimana dikutip Abdul Chaer dan Leonie dalam bukunya Sosiolinguistik bahwa bahasa bagian dari kebudayaan. Jadi, hubungan antara Bahasa dan Informasi merupakan hubungan yang subordinatif, dimana bahasa berada dibawah lingkup kebudayaan. Namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa bahasa dan kebudayaan mempunyai hubungan yang koordinatif, yakni hubungan yang sederajat, kedudukannya sama tinggi.

Hubungan Antara Sistem Informasi Dengan Bahasa Indonesia Bisa Dibilang Erat, Karena Bahasa biasa di populerkan melalui internet maupun media – media yang sudah pasti bagian dari sebuah sisten informasi. Selain itu, melalui sistem informasi kita bisa belajar berbagai bahasa seperti bahasa Indonesia.

Sumber : https://usgsprojects.org/