Dindik Banten Belum Pastikan Jadwal PPDB

Dindik Banten Belum Pastikan Jadwal PPDB

Dindik Banten Belum Pastikan Jadwal PPDB

Dindikbud Banten masih belum menentukan jadwal pembukaan Pendaftaran Peserta Didik Baru

(PPDB) secara online 2018.Alasannya masih menunggu jadwal PPDB dari Prmprov DKI Jakarta dan Pemprov Jawa Barat.

Sekretaris Dindikbud Banten, Joko Waluyo baru-baru ini mengatakan, pihaknya ingin jadwal PPDB di Banten berbarengan dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat. Hal itu dilakukan agar tidak mengganggu pemenuhan kuota siswa.

“Misalkan kalau nggak dibarengi siswa yang memilih di Jakarta bisa memilih lagi di Serang

. Dan itu akan mengganggu kuota di Banten,” katanya.

Ia menjelaskan, PPDB online di Banten akan dibuka pada Juni mendatang. Kata dia, Dindikbud Banten mendapat kabar jika PPDB untuk DKI akan dibuka pada 21 Juni 2018.

“Mungkin kita juga akan buka pada tanggal itu. Saat ini kami masih melakukan verifikasi dan validasi kuota siswa baru tahun ajaran 2018-2019. Selain itu, kami sedang meng-update aplikasi PPDB agar bisa disesuaikan dengan sistem yang sudah berkembang. Kemungkinan untuk kuota tahun ini bisa bertambah. Karena pada tahun ini juga banyak sekolah yang menambah ruang kelas baru. Itu sedang kita inventarisir kembali berapakapasitasnya,” ujarnya.

Mengenai jumlah rombongan belajar (rombel), Joko menjelaskan, berdasarkan standar

yang dikeluarkan Kemendikbud, jumlah rombel per kelas yakni 36 siswa.

“Kita berharap jangan lebih dari itu, ukurannya standar saja. Kecuali kejadian memaksa (harus lebih), ya kita akan tampung sementara dengan daya tampung yang terbatas,” jelasnya.

Itu dilakukan supaya bisa memenuhi kebutuhan guru, dan proses tatap muka juga bisa maksimal. Dinsik juga masih menggunakan sistem zonasi, yaitu 10 persen dari kuota yang masih divalidasi sampai sekarang.

Lebib lanjut Joko menerangkan, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksandi) Banten terkait penyediaan jaringan dan server untuk PPDB online.

“Mereka yang menyediakan jaringan dan server, kita sediakan kuota 300 mbs dan menurut Kominfo seperti itu. Kalau server yang disiapkan ada delapan. Intinya secara teknologi (PPDB) aman lah,” katanya.

Ditambahkan Joko, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat internal untuk membahas kuota PPDB dan termasuk daya tampaung kelas.

“Kita mau sepakati dulu di internal, dan jika mengacu DKI pendaftaran juga akan dimulai pada 21 Juni. Yang jelas nanti kita akan rilis lagi ke media,” tambah Joko

 

Sumber :

https://onedollarmall.net/mempelajari-sifat-sifat-gaya-beserta-macamnya/