Benarkah Robot Bakal Ambil Alih Manusia di Tahun 2048? Ini Penjelasan Ilmuwan

Benarkah Robot Bakal Ambil Alih Manusia di Tahun 2048? Ini Penjelasan Ilmuwan

Benarkah Robot Bakal Ambil Alih Manusia di Tahun 2048 Ini Penjelasan Ilmuwan

Perkembangan teknologi yang kian pesat membawa dampak signifikan pada produk yang dihasilkan. Robot misalnya. Kini robot mulai banyak membantu pekerjaan manusia pada beberapa bidang pekerjaan. Seperti manufaktur yang diprediksi akan semakin banyak jumlahnya dalam beberapa tahun mendatang. Bahkan, ilmuwan memprediksi populasi robot keseluruhan akan lebih banyak dari manusia.

Prediksi tersebut dilontarkan seorang ilmuwan bernama Dr Ian Pearson

, seorang Futurolog di Futurizon. Dia menyebut bahwa jumlah robot akan melebihi jumlah manusia hanya dalam kurun waktu 30 tahun ke depan. Dilansir dari laman Mirror, Senin (23/4), Ian Pearson memprediksi, jumlah robot di Bumi akan meningkat menjadi 9,4 miliar pada 2048. Penelitiannya, yang ditugaskan oleh sebuah stasiun TV Lokal di Isleworth, Inggris itu juga mengungkapkan bahwa robot bisa menjadi cerdas secara emosional pada 2028. Sepertinya banyak dari kita yang sudah gugup tentang isu robot akan mengambil alih dunia pada masa mendatang,” katanya. Sebuah penelitian terhadap 2 ribu orang di daratan Britania Raya juga menghasilkan bahwa sebanyak 71 persen dari mereka takut akan munculnya robot-robot buatan yang cerdas. Lainnya hampir enam dari sepuluh responden percaya bahwa robot merupakan ancaman bagi masa depan manusia.

Lebih dari separuh dari mereka yang disurvei juga mengatakan

, mereka percaya para ilmuwan tidak akan bisa mengendalikan peningkatan robot buatan yang cerdas. “Hari ini populasi robot global mungkin sekitar 57 juta. Itu akan tumbuh cepat di masa mendatang dan pada 2048 robot akan mengambil alih manusia. Jika kami memungkinkan untuk percepatan pasar, itu bisa terjadi lebih dini yakni pada tahun 2033,” kata Ian Pearson. Dia juga menyebut bahwa pada 2028 mendatang, beberapa dari robot itu sudah mulai bisa merasakan emosi yang tulus dan menanggapi manusia secara emosional. Layaknya interaksi antarmanusia.

Studi ini juga mengungkapkan bahwa banyak manusia

yang takut robot akan menguasai kehidupan di Bumi. Sementara lainnya justru takut robot bisa menjadi lebih cerdas daripada manusia. Bahkan, ada pula yang takut akan adanya hubungan serius seperti pernikahan antara manusia dengan robot.  

sumber :

https://imii.co.id/