Alumnus SMKN 9 Bandung Wakili Indonesia di World Skills Competition

Alumnus SMKN 9 Bandung Wakili Indonesia di World Skills Competition

Alumnus SMKN 9 Bandung Wakili Indonesia di World Skills Competition

Jawa Barat patut berbangga dengan berbagai prestasi yang diraih putra

-putri daerahnya. Seperti baru-baru ini, alumnus Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 9 Bandung, Yogi Saputro menjadi salah seorang delegasi World Skills Competition (WSC) bersama perwakilan lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

Kepala SMKN 9 Bandung, Edi Purwanto berharap, para delegasi, khususnya Yogi tetap semangat dan aktif berkontribusi dalam setiap agenda yang disusun panitia WSC. “Apalagi, WSC merupakan kompetisi keterampilan para pemuda tingkat dunia, dengan jumlah anggota sebanyak 82 negara dan diadakan setiap dua tahun sekali pada tahun ganjil. Tentu ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Jawa Barat bisa mengirimkan delegasinya,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (16/8/2019).

Indonesia telah tercatat sebagai anggota World Skills International sejak 2004

dan berpartisipasi pertama kali pada 2005 di Helsinki, Finlandia. Sebelumnya, pada WSC 2017 yang digelar di Abu Dhabi, Indonesia berada di urutan 12 di antara 87 peserta. Untuk tahun ini, WSC akan digelar di Kazan, Rusia pada 22 hingga 27 Agustus 2019.

Dalam pelaksanaan WSC yang ke-45 ini, Indonesia mengirimkan 36 kontingen dari 56

bidang perlombaan. Agar memenuhi kompetensi hard skills maupun soft skills sesuai tuntutan world skills, para delegasi diberikan pelatihan di beberapa pusat pelatihan ternama di Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy mengatakan, melalui WSC, Indonesia dapat mempromosikan keterampilan tenaga kerja agar mendapat pengakuan di tingkat internasional sehingga dapat meningkatkan ekonomi individu maupun ekonomi masyarakat.

“Selain itu, bisa mengukur tingkat kompetensi SDM Indonesia serta dapat menjadi sarana komunikasi dan bertukar pengalaman/pemikiran tentang tenaga kerja muda pada masing-masing negara peserta,” tutur Muhadjir, seperti dilansir dari psmk.kemdikbud.go.id.

Muhadjir berharap, kontingen Indonesia pada WSC ke-45 tahun 2019 ini terus berusaha lebih keras, bersemangat, dan meningkatkan prestasi sehingga bisa mempersembahkan medali emas

 

 

Sumber :

https://symbiantweet.com/sejarah-kota-semarang/