Akreditasi Menilai Kelayakan Satuan Pendidikan

Akreditasi Menilai Kelayakan Satuan Pendidikan

Akreditasi Menilai Kelayakan Satuan Pendidikan

Guna meningkatkan mutu pendidikan pada setiap satuan pendidikan

maka Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Provinsi Maluku menggelar Bimtek Akreditasi SD bagi para Guru, Pengawas dan Kepala SD sekabupaten/kota di Maluku berlangsung di Wijaya Hotel (16/7).

Kepala Dinas Dikpora Provinsi Maluku, Drs.Semmy Risambessy,

MM ketika membuka Bimtek Akreditasi SD mengatakan, sesuai undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas mengamanatkan, dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana dan terukur, maka pemerintah melakukan Akreditasi Sekolah, yang merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan program dan satuan pendidikan, yang diwujudkan dengan adanya sertifikasi yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Dikatakan, karena pentingnya akreditasi guna peningkatan mutu pendidikan maka Badan Akreditasi Nasional, Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) yang adalah badan evaluasi mandiri yang dibentuk pemerintah, berkewajiban menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal, dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Karenanya tim pengembangan akreditasi SD yang mengikuti workshop

Bimtek ini sebanyak 44 orang dari 11 kabupaten/kota yang terdiri dari pengawas, guru dan para Kepala SD, setelah mengikuti kegiatan ini dapat mensosialisasikan berbagai implementasi pola pembinaan dan pengembangan Bimtek sekaligus mengindentifikasi permasalahan yang muncul pada saat pelaksanaan Bimtek ditingkat kabupaten/kota.

Kegiatan Bimbingan Teknis Akreditasi SD yang diselenggarakan selama 2 hari ini menggunakan dana dekonsentrasi penjaminan kepastian layanan pendidikan SD tahun anggaran 2014.

 

Sumber :

https://namabayi.co.id/sejarah-soekarno/